Penatalaksanaan menyeluruh untuk obesitas

Tag Archive

Periode apnoe atau hipopnoe okstruktif ini disebabkan karena penutupan sempurna atau sebagian dari aliran udara faring.

Beberapa terapi medis tersedia. Obat antiobesitas yang diizinkan untuk digunakan di Indonesia ialah campuran golongan noradrenergik dan golongan serotonergik, yaitu sibutramin; dan golongan gastrointestinal lipase inhibitor, yaitu orlistat.

Laju pertumbuhan berat badan sebaiknya dihentikan atau diperlambat sampai proporsi berat terhadap tinggi badan mencapai normal. Sibutramin4 Pada tahunFDA mengizinkan dipasarkannya merk obat Meridia yang mengandung sibutramin di dalamnya.

Sinyal-sinyal tersebut bersifat anabolik meningkatkan rasa lapar serta menurunkan pengeluaran energi dan dapat pula bersifat katabolik anoreksia, meningkatkan pengeluaran energi dan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu sinyal pendek dan sinyal panjang.

Komplikasi Obesitas Obesitas dapat menimbulkan berbagai komplikasi serius yang akan menurunkan kualitas hidup, meningkatkan morbiditas dan kematian prematur, antara lain: Disamping itu telah pula ditemukan peptida lain yang bekerja berlawanan dengan ghrelin yang disebut obestatin.

Begitu juga dengan pasien obesitas yang disebabkan kondisi psikis dan emosi, contohnya pasien yang makan berlebih ketika stres, sebaiknya berkonsultasi pula dengan dokter psikiatri.

Pencegahan, Penatalaksanaan dan Pengukuran Obesitas

Vanitallie TB. Lebih dari 8,5 juta pasien pemakai Xenical di seluruh dunia, sejak dipasarkan tahun Pada tahunWHO mengajukan klasifikasi BB berlebih dan obesitas pada orang dewasa untuk populasi orang Barat, sebagai berikut: Oleh sebab itu, mekanisme genetik yang serupa merupakan penyebab obesitas yang mungkin pada manusia.

Sebuah studi terhadap diet vegetarian pada pasien jantung, dengan kombinasi olahraga dan manajemen stres, menunjukkan berkelanjutan penurunan berat badan selama periode lima tahun.

Studi menunjukkan bahwa asupan serat terkait dengan berat badan dan lemak tubuh yaitu, orang yang makan paling banyak serat cenderung memiliki berat badan yang terkendali dengan lebih baik, dan sebaliknya.

Farmakoterapi belum direkomendasikan untuk terapi obesitas pada anak, karena efek jangka panjang yang masih belum jelas. Klasifikasi berat badan menurut WHO untuk populasi orang barat.

Xenicare merupakan kunci sukses pasien dalam penatalaksanaan BB jangka panjang dengan Xenical. Abnormalitas lipid yang menyertai obesitas merupakan faktor risiko penting untuk terjadinya Penyakit Jantung Koroner.

Sibutramin menghambat norepinefrin yang akan menimbulkan rasa kenyang dan menekan nafsu makan dan mengurangi asupan kalori oleh karena efek anoreksan yang dikandung oleh obat ini. Orang tua yang sibuk sering menggunakan makanan cepat saji yang praktis dihidangkan untuk diberikan pada anak mereka, walaupun kandungan gizinya buruk untuk anak.

Pada anak yang gemuk, jumlah sel seringkai sampai 3 kali lipat jumlah selemak pada anak normal. Panigrahi TG, et. Juga, kebanyakan penderita tumor hipofisis yang menekan hipotalamus wenjadi gemuk secara bertahap, sehigga menggambarkan bahwa obesitas pada manusia, juga dapat dengan pasti dihasilkan karena kerusakan hipotalamus.Mengingat penyebab obesitas bersifat multifaktor, maka penatalaksanaan obesitasseharusnya dilaksanakan secara multidisiplin dengan mengikut sertakan keluarga dalam proses terapi obesitas.

Obesitas merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit kronis, antara lain kolesterol tinggi, hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, batu empedu, beberapa jenis kanker (terutama yang timbul pada payudara, prostat, dan usus besar), demensia, apnea tidur.

Obesitas merupakan suatu kelainan kompleks pengaturan nafsu makan dan metabolisme energi yang dikendalikan oleh beberapa faktor biologik spesifik.

Secara fisiologis, obesitas didefinisikan sebagai suatu keadaan dengan akumulasi lemak yang tidak normal atau berlebihan di jaringan adiposa sehingga dapat mengganggu kesehatan. Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak berlebihan dengan ambang batas IMT/U > 2 Standar Deviasi (WHO, ) Olahraga adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang dilakukan secara terstruktur, terencana, dan berkesinambungan dengan mengikuti aturan-aturan tertentu dan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan prestasi Latihan fisik.

Penatalaksanaan Obesitas

Tujuan penatalaksanaan diabetes gestasional adalah normoglikemi dan menjaga pertumbuhan dan perkembangan fetus. Penatalaksanaan diabetes dilakukan secara menyeluruh dengan kontrol rutin gula darah, perubahan gaya hidup, dan terapi obat-obatan.

ยท Penatalaksanaan dimulai dengan kesadaran pasien bahwa kondisi sekarang adalah obesitas, dengan berbagai risikonya dan berniat untuk menjalankan program penurunan berat badan 2.

Diskusikan dan sepakati target pencapaian dan cara yang akan dipilih (target rasional adalah penurunan 10% dari BB sekarang).

Penatalaksanaan menyeluruh untuk obesitas
Rated 0/5 based on 24 review